Studi: Menelan Permen Karet Itu Bahaya, Jika ...

http://earthspiritandanarchy.blogspot.com/2015/11/studi-menelan-permen-karet-itu-bahaya-jika.html

Ketika seseorang secara tidak sengaja menelan permen karetnya, maka rasa panik dan takut biasanya muncul dengan cepat. Hal ini karena permen karet yang tertelan dianggap tidak bisa dicerna sehingga akan berhenti di usus untuk waktu yang lama. Apakah hal ini benar?
Studi: Menelan Permen Karet Itu Bahaya, Jika ...


Menurut penelitian seorang profesor kedokteran bernama GerryMullin, dari Johns Hopkins Hospital, hal ini adalah mitos. Diungkapkannya bahwa tubuh kita masih bisa mencerna beberapa bahan yang ada atau terkandung dalam permen karet. Sisanya kemudian akan dikeluarkan melalui sistem pencernaan manusia.

Nancy McGreal, seorang ahli gastroenterologi di Duke Medicine juga berpendapat bahwa yang tidak bisa dicerna oleh tubuh adalah bahan dasar dari permen karet. Sebab bahan tersebut tidak bisa larut sehingga tidak bisa dicerna oleh tubuh.

McGreal menambahkan, menelan permen karet secara tidak sengaja memang bisa menimbulkan masalah ketika yang menelan memiliki masalah Crohn atau divertikulitis. Kondisi ini bisa mengakibatkan penyempitan di usus dan bisa membuat orang yang menelan permen karet menjadi bermasalah dalam hal kesehatan. Namun perlu digaris bawahi, hal ini tidak hanya berlaku untuk permen karet. Orang dengan masalah ini juga bisa bermasalah dalam mencerna makanan. Khusus untuk permen karet, masalah perut bisa saja timbul jika tertelan. Di antaranya adalah kram perut dan penyumbatan usus oleh permen karet.

Menariknya, permen karet ternyata bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi seseorang. Menurut studi disebutkan bahwa mengunyah permen karet bebas gula selama 10 menit bisa membunuh sekitar 100 bakteri di mulut. Permen karet juga bermanfaat untuk membantu menetralkan asam karena bisa mengaktifkan kelenjar air liur.

2 comments:

Support by: Informasi Gadget Terbaru - Dewa Chord Gitar | Lirik Lagu - Kebyar Info
Copyright © 2015 Earth Spirit Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved